Senin, 28 Juli 2014

Dimanakah Letak Akal dan Qolbu?

 
Perdebatan seputar akal dan qolbu sudah ada semenjak dahulu, seperti halnya pendapat imam ghozali yang mengatakan bahwa aqal sama dengan qolbu1. Namun ada juga yang mengatakan akal dan qolbu adalah dua hal yang berbeda seperti pendapat ibnu maskawi dan azukhaily. Namun kali ini penulis tidak akan membahas seputar persamaan dan perbedaan keduanya namun lebih akan membahas tentang dimanakah letak qolbu dan akal.
Alloh SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat al-hajj ayat ke 46
أَفَلَمۡ يَسِيرُواْ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَتَكُونَ لَهُمۡ قُلُوبٞ يَعۡقِلُونَ بِهَآ أَوۡ ءَاذَانٞ يَسۡمَعُونَ بِهَاۖ فَإِنَّهَا لَا تَعۡمَى ٱلۡأَبۡصَٰرُ وَلَٰكِن تَعۡمَى ٱلۡقُلُوبُ ٱلَّتِي فِي ٱلصُّدُورِ ٤٦
“maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai qolbu yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah qolbu yang di dalam dada”
Dalam ayat di atas, kata “quluubun” adalah bentuk plural dari “qolbun” yang di artikan sebagai “jantung”. Namun dalam bahasa Indonesia kata qolbu lebih sering di terjemahkan sebagai “hati” dalam artian perasaan maupun arti zohirnya yaitu hepar. Dalam bahasa inggris, kata qolbu justru di artikan sebagai “heart” dalam arti jantung.  Adapun untuk hepar atau liver dalam bahasa arab adalah “kabid” bukan “qolbu”.
Kata “qulubun” dalam ayat di atas, maupun dalam ayat-ayat yang lain sering di gunakan dalam bentuk kata benda (isim) dan bukan kata kerja (fi’il). Sedangkan kata “aqal” pada kalimat berikutnya justru menggunakan kata “ya’qiluun” yang merupakan bentuk kata kerja (fi’il). Dari struktur pembentuk kata, bisa di artikan bahwa qolbu (jantung) mempuyai perbuatan berpikir (akal).
Jantung yang berakal
Pendapat bahwa jantung (qolbu) mempunyai kemampuan untuk berpikir sangatlah terlihat aneh pada saat ini. Sangat di maklumi karena assumsi saat ini bahwa yang mempunyai perbuatan akal atau berpikir adalah otak atau brain. Namun berbagai peneletian akir-akir ini mulai mengungkap bahwa ternyata jantung juga mempunyai system yang sangat kompleks menyerupai sususan syaraf otak. Ke-komplek-kan system syaraf pada jantung tersebut bisa  di lihat dalam journal penelitian yang di tulis oleh J. Andrew armour, MD, PhD tentang “The little brain on the heart” atau otak kecil pada jantung2. Pendapat di atas juga di dukung oleh hasil dari qualitative research yang mengkaji para pasien yang melakukan transplantasi jantung di viena, Austria3. Dalam penelitian tersebut di ungkap bahwa beberpa pasien melaporkan mengalami perubahan perilaku dan bahkan keluarga juga mengatakan terdapat perubahan perilaku pada diri pasien. Dalam penelitian ini juga di ungkap bahwa pasien yang berusia 45 tahun yang mendapatkan donor jantung dari remaja usia 17 tahun, sekarang mempunyai kesukaan mendengarkan music dengan keras baik melalui headset maupun tape mobil padahal sebelumnya dia tidak menyukainya. Penelitian tentang jantung inilah yang sekarang memunculkan tren ilmu baru yang di sebut dengan “neurocardiology”.
Kenapa jantung bukan otak?
Alquran sebagai sumber kebenaran yang turunkan oleh Alloh SWT, tuhan yang maha mengetahui tentang ciptaanya sudah mengatakan 1400 tahun yang lalu bahwa yang melakukan perbuatan berpikir adalah jantung. Dari ayat di atas maupun ayat ayat yang lain misalnya surat Al A’raf ayat 179:
وَلَقَدۡ ذَرَأۡنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِۖ لَهُمۡ قُلُوبٞ لَّا يَفۡقَهُونَ بِهَا وَلَهُمۡ أَعۡيُنٞ لَّا يُبۡصِرُونَ بِهَا وَلَهُمۡ ءَاذَانٞ لَّا يَسۡمَعُونَ بِهَآۚ أُوْلَٰٓئِكَ كَٱلۡأَنۡعَٰمِ بَلۡ هُمۡ أَضَلُّۚ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡغَٰفِلُونَ ١٧٩
“Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai qolbu, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai”
Dalam ayat di atas Allah SWT juga menggunakan kata “qulubun” sebagai kata benda yang mampu melakukan perbuatan “yafqohuun” atau di artikan memahami. Seperti halnya kata “mata” yang mempunyai pekerjaan “melihat”. Yang menarik dari dua ayat di atas adalah Allah SWT selalu menggunakan kata “Qolbu” dan bukan menggunakan kata “dimag” yang berarti otak. Penggunaan ini tentu punya maksud tersendiri yang mungkin sekarang masih menjadi misteri bagi manusia.
Akal ada di dada?
Pernyataan ini juga terlihat aneh karena asumsi yang di bangun selama ini bahwa otak-lah tempatnya akal dan otak letaknya di kepala. Dalam surat Al Hajj di atas di tulis dengan jelas bahwa “qolbu” yang punya pekerjaan berpikir (akal) letaknya berada di dada.  Dalam sebuah hadits yang di riwayatkan oleh imam muslim tentang pemebelahan dada rasulullah SAW juga menyebutkan bahwa qolbu letaknya di dada.
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam didatangi oleh malaikat Jibril saat beliau sedang bermain dengan anak-anak sebayanya. Malaikat Jibril mengambil beliau, membaringkannya, membelah dadanya, mengeluarkan jantung (qolbu)nya dan mengeluarkan segumpal darah yang menggantung dari dalam jantung (qolbu)nya. Malaikat Jibril berkata, “Ini adalah bagian setan darimu.”
Malaikat Jibril kemudian mencuci jantung (qolbu) beliau dalam sebuah wadah yang terbuat dari emas dengan air zamzam, kemudian menyatukan jantung (qolbu)nya dan mengembalikannya ke tempatnya semula.
Anak-anak sebaya yang bermain bersama beliau bergegas mendatangi ibu susuan beliau dan berkata, “Muhammad telah dibunuh!” Maka mereka beramai-ramai mendatangi beliau dan saat itu wajah beliau berubah pucat karena takut. Anas bin Malik, “Saya telah melihat bekas jahitan itu pada dada beliau.”
Jika qolbu letaknya di dada, lalu di manakah letak akal. Dari ayat yang di kutip dari surat al hajj di atas dan ayat-ayat yang lain, serta hadits imam muslim,  bentuk kata “akal” selalu menggunakan kata kerja tidak memakai kata benda seperti “qolbu”. Annabhani dalam buku “attafkir” atau “thinking” menjelaskan bahwa akal adalah proses bukan benda4. Dalam urainya di ungkap bahwa otak hanyalah salah satu dari 4 komponen berpikir. 4 komponen tersebut adalah otak, panca indra, fakta, dan informasi sebelumnya. Yang menarik dari pendapatnya adalah kemampuan untuk memahami atau menarik kesimpulan dari 4 komponen berpikir tersebut hanya di berikan kepada manusia tidak kepada hewan.
Apabila akal adalah pekerjaan dari jantung (qolbu) yang melibatkan otak maka ini sangat di dukung oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan adanya hubungan yang sangat kuat dalam hal persarafan antara jantung dan otak. Di antara penelitan tersebut adalah dari belgia dalam judul “Neurocardiology: A Bridge Between the Brain and the Heart” atau ilmu saraf-jantung: jembatan antara otak dan jantung5. dan juga “Neurocardiology: close interaction between heart and brain” atau ilmu saraf-jantung: hubungan dekat antara jantung dan otak6.
Kesimpulan
Sesuai dengan uraian di atas bisa di tarik beberapa kesimpulan bahwa; pertama, qolbu atau jantung mempunyai kemampuan berpikir, kedua, apabila akal adalah pekerjaan dari qolbu maka bisa di simpulkan bahwa akal melakukan pekerjaan yang juga melibatkan otak sebagai pengolah informasi maupun pengindraan. Dua kesimpulan tersebut meskipun merupakan pendapat premature yang sangat perlu untuk di lakukan kajian yang lebih mendalam, tetapi bisa memberikan wawasan baru yang mungkin berbeda dari asumsi yang ada selama ini.
Wallahu A’lam Bishawab
Iswanto Karso*
*Postgraduate student of Msc in Advance Nursing, University of Nottingham, UK

References;
1. Purwanto, Yadi. Psikologi Kepribadian; integritas nafsiyah dan aqliyah perspectif psikologi islam. Refika Aditama, 2007.
2. ARMOUR, J. A. “The little brain on the heart.” Cleveland clinic journal of medicine, 2007: s48-s51.
3. B. Bunzel, B. Schmidl-Mohl, A. Grundbock and G. Wollenek. “Does changing the heart mean changing personality? A retrospective inquiry on 47 heart transplant patients.” Quality of Life Research, 1992: 251-256.
4. Nabhānī, Taqī al-Dīn. al-Tafkīr. beirut, 1973.
5. Andre E. Aubert and Bart Verheyden. “Neurocardiology: A Bridge Between the Brain and the Heart.” Biofeedback, 2008: 15–17.
6. H., van der Wall E. E. & van GilstW. “Neurocardiology: close interaction between heart and brain.” neth heart journal (Neth heart journal), 2013: 51–52.

3 komentar:

  1. Allah dalam quran memberitahukan dimana letaknya :

    qalbu berdasarkan quran
    bahwa qalbu itu Al Hajj :46 "d dlm dada" dan Al Mukmin : 18 "dekat kerongkongan"

    “ Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi,
    lalu mereka mempunyai qalbu yang dengan itu mereka
    dapat berpikir/memahami atau mempunyai telinga
    yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena
    sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi
    yang buta ialah qalbu yang di dalam dada.” (QS Al Hajj
    ayat 46)

    “ berilah mereka peringatan dengan hari yang dekat
    (hari kiamat yaitu) ketika qalbu (menyesak) sampai di
    kerongkongan dengan menahan kesedihan. orangorang
    yang zalim tidak mempunyai teman setia
    seorangpun dan tidak (pula) mempunyai seorang
    pemberi syafa'at yang diterima syafa'atnya.”(QS Al
    Mu’min 18)

    bahwa qalbu berdasarkan hadits berupa mudghoh = segumpal darah, berarti wujud, bukan abstrak.

    Dan ketahuilah pada setiap
    tubuh ada mudghoh=segumpal daging (wujud) yang apabila baik
    maka baiklah tubuh tersebut dan apabila rusak maka
    rusaklah tubuh tersebut. Ketahuilah, ia adalah qalbu.
    (HR Bukhari Bab 2. 44/50.)

    Qalbu dalam kamus Bahasa Arab AlMunjid (Beirut Libanon)
    yang arti harfiahnya adalah organ tubuh atau anggota
    badan yang berbentuk kerucut, yang bertempat di dalam
    dada sebelah kiri, bertugas mengerakkan (memompa)
    darah yaitu JANTUNG. (http://www.darelmachreq.com)
    Juga berarti : membalik (yang berada di atas menjadi di
    bawah; yang di kanan menjadi di kiri; yang nyata menjadi
    tidak nyata); berpaling; berubah; marah; inti, esensi dan
    jantung (Anis, II, 1970: 753 dan Wehr, 1980: 784).
    http://www.umj.ac.id/main/artikel/index.php?detail=20090703150312
    Maka Qalbu yang dimaksud Allah di dalam Al Quran adalah
    “JANTUNG”, tidak ada arti lain.


    Akhir-akhir ini, para ilmuwan baru berbicara tentang otak yang berada dalam jantung (hati) yang terdiri dari 40.000 neuron, yaitu yang kita sebut "akal" yang terdapat di pusat jantung.

    Setelah penelitian yang luas, salah satu pelopor awal
    neurocardiology, Dr J. Andrew Armour, memperkenalkan
    konsep fungsional "Otak Jantung" pada tahun 1991.
    Karyanya mengungkapkan bahwa jantung memiliki sistem
    saraf yang kompleks intrinsik yang cukup canggih untuk
    memenuhi syarat sebagai "otak kecil" dalam dirinya
    sendiri. Otak jantung adalah sebuah jaringan yang rumit
    dari beberapa jenis neuron, neurotransmiter, protein dan
    sel dukungan seperti yang ditemukan di otak yang tepat.
    Sirkuit yang rumit yang memungkinkan untuk bertindak
    independen dari otak kranial : untuk belajar, mengingat,
    dan bahkan merasakan dan berakal.


    Allah yang Maha Mengetahui mengajarkan ilmu
    pengetahuan kepada segenap manusia, Al Quran
    merupakan petunjuk dari Allah dan juga berisi ilmu
    pengetahuan. Qalbu/jantung merupakan organ tubuh yang
    sangat vital didalam tubuh segenap makhluk hidup
    terutama manusia. Allah memberitahukan ilmu
    pengetahuan atau rahasia qalbu itu di dalam Al Quran.
    Rahasia apakah itu ?
    Paling tidak Allah memberitahukan empat hal tentang
    qalbu/jantung (karena keterbatasan pengetahuan penulis
    maka buku ini hanya membahas empat hal, sangat banyak
    rahasia di dalamnya yang belum diketahui penulis).
    Pertama Jantung sebagai alat indera.
    Kedua Jantung sebagai tempat perasaan.
    Ketiga Jantung sebagai organ yang mampu memahami.
    Keempat Jantung sebagai memori.
    yang semuanya terbukti secara ilmiah
    bahwa jantung bentuk fisik, didalamnya mempunyai kemampuan berakal. ikuti perkembangan ilmiah perihal jantung dalam NEUROCARDILOGY

    semoga berkenan membaca, dan memberi koreksi dan nasehat kepada saya

    email saya now4tomorrow@yahoo.com

    bagi yang berminat membaca "Rahasia Qalbu"
    gratis


    M. Taufiq

    BalasHapus
  2. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari EYANG yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah EYANG bisa meliat nmor nya EYANG WORO MANGGOLO terus aku berpikir aku harus hubungi EYANG WORO MANGGOLO meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang EYANG.ternyata alhamdulillah EYANG WORO MANGGOLO bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi EYANG WORO MANGGOLO Di Nmr 0823-9177-2208



    Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari EYANG yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah EYANG bisa meliat nmor nya EYANG WORO MANGGOLO terus aku berpikir aku harus hubungi EYANG WORO MANGGOLO meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang EYANG.ternyata alhamdulillah EYANG WORO MANGGOLO bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan EYANG WORO MANGGOLO dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi EYANG WORO MANGGOLO Di Nmr 0823-9177-2208

    BalasHapus
  3. Saya ingin menyampaikan kepada
    seluruh TKI/TKW yang bekerja di negeri orang ,tentang pengalaman saya,,
    saya IBU YANI seorang TKW DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos pulang
    sempat saya putus asa, apa lagi suami dengan keadaan sakit2tan
    dan gaji aku pun buat makansehari2 saja, sedangkan hutang banyak.
    Kebetulan saya buka-buka INTERNET mendapatkan
    nomor MBAH WASTUH katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL ,,dengan keadaan susah jadi saya coba
    hubungi MBAH karna saya pikir tidak ada salah,nya saya coba dan minta
    angka bocoran MALAYSIA angka yang di berikan MBAH 6D dan alahamdulillah ternyata betul-betul tembus 100% bagi saudarah-saudarah di indonesia maupun di
    luar negeri apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
    jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah anda dengan meriktualkan angka togel ghaib SINGAPURA/HONGKONG/MALAYSIA 2D,3D,4D,5D, Atau 6D yang betul-betul tembus
    hubungi MBAH WASTUH di nomor ( 0853 7778 4848 ) silahkan anda buktikan sendiri
    demi allah saya sudah membuktikan angka dari MBAH sekrang giliran anda untuk MEMBUKTIKANNYA!!!

    BalasHapus